macam-macam kenakalan remaja

Standar
  1. 1.      Macam-Macam Kenakalan Remaja

Kenakalan remaja identik dengan perbuatan yang merugikan entah itu untuk diri sendiri maupun orang lain. Selain itu kenakalan remaja juga sering diartikan sebagai pelanggaran. Sehingga kenakalan remaja tersebut sangat dekat pengertiannya dengan kriminalitas. Untuk tujuan-tujuan hukum, maka dibuatlah suatu perbedaan antara pelanggaran-pelanggaran indeks (index offenses) dengan status (status offenses). Index offenses adalah tindakan kriminal, baik yang dilakukan oleh remaja maupun orang dewasa. Contoh tindakannya seperti perampokan, penyerangan dengan kekerasan, pemerkosaan, dan pembunuhan. Status offenses adalah Tindakan yang tidak terlalu serius, tindakan seperti ini banyak dilakukan oleh anak-anak muda dibawah usia tertentu sehingga pelanggaran tersebut dikatakn sebagai pelanggaran remaja. Contohnya seperti lari dari rumah (kabur), bolos drao sekolah, meminum-minuman keras, pelacuran dan ketidak mampuan mengendalikan diri.

 

Dibawah ini adalah  beberapa macam kenakalan remaja, seperti :

  1. Kehamilan pada remaja

Di Indonesia hal ini sudah mulai merajalela, dibuktikan dengan banyaknya kasus pembuangan bayi yang sebagian besar alasannya adalah karena kehamilan yang tidak diinginkan dan para pelakunya adalah sebagian besar adalah para remaja yang belum siap secara mental untuk menghadapi respon lingkungannya akibat dari apa yang dia perbuat, namun nilai-nilai agama masih sangat melekat erat di Indonesia. Berbeda dengan Amerika yang memiliki angka kehamilan remaja terbesar pertama di bandingkan dengan negara-negara barat. Faktanya yaitu setiap tahun lebih dari satu juta remaja Amerika hamil, 4 dari 5 orang diantaranya tidak menikah (Santrock:).

  1. Bunuh diri

Di Amerika hal ini sudah sering atatu biasa terjadi. Setiap tahun, sekitar 25.000 orang menghilangkan nyawa mereka sendiri. Pada saat memasuki usia 15 tahun, kemungkinan untu mengambil keputusan untuk bunh diri mulai bertambah. Dan ternyata kematian akibat bunuh diri dikalangan remaja merupakan 12% penyebab kematian pada kelompok usia remaja dan dewasa muda (Brent, 1989). Fakta paling mengejutkan yaitu ternyata besar hasrat untuk mengakhiri hidup dengan cara bunuh diri pada laki-laki tiga kali lebih besar dibandingkan dengan perempuan. Tetapi pada faktanya perempuan lebih sering melakukan percobaan bunuh diri dibandingkan dnegan laki-laki.

 

 

  1. Gangguan-gangguan makan

Memasuki masa remaja, terutama remaja perempuan mulai menyadari pentingnya kesempurnaan fisik. Banyak remaja perempuan yang melakukan berbagai cara agar terlihat menarik di depan umum. Tetapi akibat yang ditimbulkan dari usaha-usaha tersebut juga tidak hanya hal-hal yang positifnya saja bahaya dari usaha tersebut juga bisa terjadi jika tanpa pengetahuan yang luas mengenai usaha “mempercantik diri tersebut.

Dibawah ini contoh bahaya yang akan ditimbulkan, yaitu :

1. Anoreksia Nervosa

Gangguan makan yang meliputi upaya yang keras untuk kurus melalui cara melaparkan diri. Anoreksia banyak diidap oleh perempuan dan hanya lima persen saja penederita anoreksia laki-laki. Penderita anoreksia memenag menghindari makan namun mereka sangat menyukai jika memasak untuk orang lain, membicarakan soal makanan, dan mereka berkeras untuk hanya melihat orang lain makan.

Penyebabnya terjadinya anoreksia (Gunn, 1993) yaitu:

  1. Sosial: yang paling sering menjadi alasan adalah tren tubuh yamg kurus yang sangat disukai saat ini.
  2. Psikologis: motivasi untuk menarik perhatian, keinginan akan individualitas, penolakan seksualitas, dan cara mengatasi kekangan orang tua (Ketika orang tua menuntut prestasi yang baik dari anaknya dan anaknya tidak mampu memenuhi tuntutan tersebut, sehingga dia merasa tidak memiliki kendali diri. Dengan mengurangi asupan makanan dia akan merasa memiliki kendali diri).
  3. Fisiologis: berpusat pada hipotalamus, yang menjadi hal yang tidak normal (abnormal) ketika seseorang menderita anoreksia.

“Namun penyebab anoreksia belum diketahui secara pasti.”

 

2. Bulimia

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s