Externalization

Standar

4. Externalization

Inverted projection, simple projection dan sensitization adalah merupakan proses-proses yang terjadinya tidak disadari individu yang bersangkutan, dan sukar untuk dapat menyadarkan individu terhadap proses yang terjadi pada dirinya itu. Tetapi sebaliknya, ada proses-proses tertentu yang sering dijumpai oleh ahli-ahli klinis, yang berbeda dengan proses-proses yang disebutkan di atas. Proses-proses ini sering dijumpai pada subjek-subjek yang menceritakan suatu gambar pada kartu TAT, misalnya :

J  Ini adalah gambar seorang ibu yang sedang melihat ke dalam kamar untuk memastikan apakah anaknya sudah selesai mengerjakan pekerjaan rumahnya. Dan kemudian ia nampak sedang menegur anaknya karena belum selesai mengerjakan pekerjaan rumah itu.

J  Ketika proses inquiry (penjajagan), subjek tersebut secara spontan mengatakan; Saya merasa bahwa kejadian di dalam gambar ini persis seperti apa yang pernah saya alami, yaitu antara saya dan ibu saya, walaupun saya tidak merealisir hal itu di dalam cerita yang saya kemukakan tadi.

Di dalam ulasan psikoanalitik, dikatakan bahwa proses mengemukakan cerita tersebut berasal dari daerah pra-sadar(preconscious), dimana subjek tidak menyadari apa yang diceritakan (pada mulanya), tetapi hal itu mudah untuk disadarkan atau dibawa ke alam sadar (melalui inquiry). Fenomena semacam itu, disebut eksternalisasi (externalization),yaitu bahwa represi terhadap pola image yang membentuk suatu efek yang terorganisir akan mudah untuk dimunculkan kembali.

Contoh: pada test kartu TAT (gambar seorang ibu menjenguk ke dalam kamar untuk melihat apakah johnnya sudah selesai mengerjakan rumahnya dan kemudian ia nampak sedang menegur john nya karena tidak selesai mengerjakan pekerjaan rumah itu.

Subjek mengatakan (saya merasa bahwa kejadian di dalam gambar ini persis seperti apa yang pernah saya alami yaitu antara saya dan ibu saya tidak merealisir hal itu didalam cerita tadi).

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s