Persepsi

Standar

Persepsi
1. Pengertian Persepsi
Menurut Kotler (1997) persepsi adalah proses memilih, menata,
menafsir stimuli yang dilakukan seseorang agar mempunyai arti tertentu. Stimuli adalah rangsangan fisik, visual dan komunikasi verbal dan non
verbal yang dapat mempengaruhi respon seseorang (Sodik, 2003).
Persepsi tidak hanya tergantung pada sifat-sifat rangsangan fisik, tapi
juga pada pengalaman dan sikap sekarang dari individu. Pengalaman dapat
diperoleh dari semua perbuatannya di masa lampau atau dapat pula
dipelajari, sebab dengan belajar seseorang akan dapat memperoleh
pengalaman. Hasil dari pengalaman yang berbeda-beda, akan membentuk
suatup andanganyang berbeda sehingga menciptakan proses pengamatan
dalam perilaku pembelianyang berbeda pula. Makin sedikit pengalaman
dalam perilaku pembelian,makin terbatas pula luasan interpretasinya. Dan
juga persepsi ini juga ada hubungannya antara rangsangan dengan medan
yang mengelilingi dan kondisi dalam diri seseorang.
Informasi yang diperoleh dan diproses konsumen akan membentuk
preferensi (pilihan) seseorang terhadap suatu obyek. Preferensi akan
membentuk sikap konsumen terhadap suatu obyek, yang pada gilirannya
akan sikap ini seringkali secara langsung akan mempengaruhi apakah
konsumen akan membeli suatu produk atau tidak.
Assael (1995) dalam Sodik (2003) menyebutkan bahwa persepsi
terhadap suatu produk melalui proses itu sendiri terkait dengan
komponennya (kemasan, bagian produk, bentuk) serta komunikasi yang
ditunjukkan untuk mempengaruhi perilaku konsumen yang mencerminkan
produk melalui latar kata-kata, gambar dan simbolisasi atau melalui
stimuli lain yang diasosiasikan dengan produk (harga, tempat, penjualan, dampak dari negara pejualan). Informasi yang diperoleh dan diproses
konsumen akan membentuk preferensi (pilihan) seseorang terhadap suatu
obyek. Preferensi akan membentuk sikap konsumen terhadap suatu obyek,
yang pada gilirannya akan sikap ini seringkali secara langsung akan
mempengaruhi apakah konsumen akan membeli suatu produk atau tidak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s